Kendalikan Populasi, Puluhan Kucing Di Sterilisasi

RMOLBANTEN. Sterilisasi dan vaksin untuk hewan kucing dalam upaya menekan populasi kucing liar mengantisipasi penyakit rabies atau penyakit hewan yang menular pada manusia (zoonosis) terus digencarkan.

Sterilisasi ini dilaksanakan Dinas Pertanian (Distan) Banten melalui UPTD Pelayanan dan Pengujian Veteriner melakukan kegiatan sosial.

Kepala Distan Banten Agus M Tauchid mengatakan, dalam upaya melakukan antisipasi penyebaran penyakit hewan pada manusia, pemprov sudah berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi seperti vaksinasi anjing serta sterilisasi dan vaksin bagi kucing liar yang berpotensi menyebabkan penyakit rabies.

"Rabies itu ditularkan oleh semua hewan bertaring termasuk kucingdan anjing. Nah kegiatan hari ini kami memfasilitasi bagi pecinta kucing kalanan melakukan steril untuk mengonteol populasinya," kata Agus, Selasa (5/11).

Agus menjelaskan, kucing jalanan populasinya tidak terkontrol dan terus bertambah sehingga beresiko peningkatan zoonosis.

Selain itu, kata dia, dengan dengan populasinya terua bertambah dari sisi kesejahteraan bagi hewan tersebut juga semakin berkurang karena akan mengalami persaingan.

"Setelah kita lakukan steril, kita biarkan kembali dan kucing tersebut tidak akan beranak-pinak," katanya.

Sementara petugas medik veteriner UPTD Pelayanan dan Pengujian Veteriner Novia Herwandi mengatakan, kegiatan sosial steril kucing secara gratis tersebut sasarannya adalah para pecinta atau komunitas pecinta kucing jalanan dengan jumlah sebamyak 61 ekor kucing yang disteril.

"Kuotanya 60 ekor untuk hari ini, karna antusias yang masuk ada 61 ekor. Kami kerjasama dengan perhimpunan dokter hewan Provinsi Banten untuk tenaga dokter hewan-nya. Jumlahnya ada sekitar 20 orang dokter hewan dari pemerintah dan swasta," pungkasnya. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/32n70LL
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kendalikan Populasi, Puluhan Kucing Di Sterilisasi"

Posting Komentar