Banjir Serang, Kemensos Salurkan Bantuan Logistik

RMOLBANTEN. Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan logistik dan tim asesmen ke berbagai daerah di Indonesia yang terdampak banjir dan tanah longsor termasuk banjir di Kabupaten Serang.

Prioritas utama Kementerian Sosial dalam setiap peristiwa bencana adalah perlindungan sosial korban bencana.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat saat mengunjungi Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Senin (3/2).

Banjir di Kabupaten Serang terjadi sejak Sabtu (1/2) dan menggenangi 15 desa di enam kecamatan. Sebanyak 670 orang di Perumahan Bumi Ciruas Permai terdampak. Dari jumlah tersebut 450 orang di antaranya mengungsi.

"Sampai Senin siang sebagian warga masih bertahan di rumah-rumah karena masih bisa menjangkau pemenuhan kebutuhan dasar, tapi yang rumahnya terendam hingga 1,5 meter dievakuasi. Tim TNI, Polri, perangkat desa, kelurahan, warga dengan sigap telah melakukan evakuasi,” terang Hary.

Kemensos dalam kesempatan ini menyerahkan bantuan logistik di tiga lokasi tersebut senilai total Rp 330.918.458,-

Wilayah Kabupaten Serang adalah salah satu yang terdampak cukup parah khususnya di Perumahan Bumi Ciruas Permai (BCT),” kata Dirjen.

Dalam kunjungan ini Dirjen menyerahkan bantuan Mensos untuk Kabupaten Serang senilai total Rp105.260.270.

Bantuan logistik berupa makanan siap saji, makanan anak, lauk pauk, mie instan, perlengkapan keluarga, perlengkapan anak, selimut, paket sandang, kasur dan tenda gulung.

Selain menyerahkan bantuan, Dirjen ikut terjun ke dapur umum untuk memantau dan memastikan pengelolaan dapur umum telah berjalan dengan efektif.

Dapur umum lapangan juga sudah beroperasi dikoordinir oleh Tagana. Pagi tadi menyiapkan 4000 nasi bungkus, siang memasak lagi, demikian juga untuk malam,” kata Harry.

Ia melihat dalam penanganan bencana ini koordinasi berbagai pihak sangat baik dan responsif.

Kepedulian warga sangat bagus. Ibu-ibu ikut memasak, membungkus, membagikan makanan bersama warga yang lain. Tagana, relawan, TNI, Polri turun bersama-sama. Mudah-mudahan dengan turun bersama ini bisa meringankan penderitaan warga,” demikian Harry. [dzk]




from RMOLBanten.com https://ift.tt/31l4eYh
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banjir Serang, Kemensos Salurkan Bantuan Logistik"

Posting Komentar