IPK Polri Sebut Pilkada Tangsel Rawan Konflik, Begini Analisanya

RMOLBANTEN. Menjelang Pemilihan Walikota, Indeks Potensi Kerawanan (IPK) Pemilu yang yang dirilis Polri, menunjukan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi daerah kedua yang tergolong rawan setelah Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Ada beberapa hal yang menyebabkan Tangsel tergolong rawan menjelang Pemilihan Walikota.

Pertama, Tangsel merupakan daerah yang dinilai salah satu tinggi dalam politik uang.

"Ketika money politik masih ada, ini yang menjadi sebab, dikhawatirkan terjadi gesekan yang luas,” ujar analis politik Universitas Islam Syech Yusuf Miftahul Adib, Senin (3/2).

Sambung Adib, politik uang pada umumnya menyentuh langsung akar rumput sehingga secara emosional bakal lebih gampang terpengaruh hingga menyebabkan gesekan.

Hal kedua, yakni pemilih akar rumput mempunyai sentimen fanatisme tinggi.

"Apalagi isu yang dimainkan, biasanya warga asli Tangsel dan pendatang,” jelasnya.

Persoalan ketiga penyumbang potensi kerawanan Tangsel jelang Pilwalkot ialah para Cawalkot melibatkan ormas-ormas untuk menjadi tim sukses.

Karena bagaimanapun, kata Adib, wilayah Tangsel dikenal banyak ormas.

"Ketika calon tak menerima hasilnya, barisan pendukung cenderung mengikuti,” ujarnya.

Untuk meredam itu, kata Adib, kontestan harus fair dan jujur serta Bawaslu dan KPU harus tegak independen menjalankan fungsinya.

Hasil IPK yang dipetakan oleh Polri di 270 daerah yang akan menggelar Pilkada 2020. Berdasarkan hasil itu, tiga provinsi dinyatakan paling rawan dalam Pilgub 2020.

Untuk pilkada gubernur itu ada tiga daerah yang tergolong rawan yakni di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Selatan.

Untuk Pemilihan Bupati, daerah Nabire, Keerom Papua, Timor Tengah Utara, Manggarai Barat, dan Sumba Barat, Tojo Una Una di Sulteng, dan Musi Rawas Utara di Sumsel tergolong rawan.

Sementara untuk Pemilihan Walikota, Tangerang Selatan, Banten, Tomohon dan Bitung di Sulawesi Utara tiga daerah yang dikategorikan rawan.[dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2RQgsoC
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IPK Polri Sebut Pilkada Tangsel Rawan Konflik, Begini Analisanya"

Posting Komentar