Depan Puluhan Dai, Mahfud MD: Jangan Bikin Tegang Kalo Ceramah

RMOLBANTEN. Dai yang berceramah dengan menakut-nakuti jamaahnya kerap terjadi dan tidak dapat dipungkiri.

Dai atau ulama tersebut memberikan arahan yang isinya malah menyebabkan ketegangan masyarakat.

Bukannya menentramkan hati malah membuat masyarakat panik, takut, atau malah terprovokasi.

Untuk itu para diminta dai tidak menyampaikan konten dakwah yang memunculkan ketegangan dalam masyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ketika memberikan sambutan dalam acara ‘Standarisasi Kompetensi Dai’, Kamis (5/3).

"Saudara, kalau berceramah juga jangan menimbulkan ketegangan dan nakut-nakuti. TV itu yang nonton banyak lho," terang Mahfud di hadapan puluhan dai.

Konten dakwah sejumlah dai yang justru malah berisi ketegangan disorotnya.

Menurut Mahfud, bukan tidak mungkin dakwah yang berisi ketakutan itu muncul paham-paham radikalisme. Sehingga orang yang pemahaman agamanya rendah jadi terpengaruh.

"Dan orang yang masih rendah pemahaman agamanya menjadi terpengaruh. Itulah yang kemudian menimbulkan ekstremisme, radikalisme, ditakut-takuti tanpa dasar yang kuat," ujarnya.

Mahfud memberi contoh soal kasus corona yang dijadikan bahan dakwah beberapa dai yang isinya malah kecemasan, kepanikan, dan ujung-ujungnya menyerukan kebencian terhadap suatu suku atau kelompok.

Mahfud mencontohkan bagaimana seharusnya menyampaikan informasi penyebaran virus corona (Covid-19) yang masuk ke Indonesia.

Soal informasi Virus Corona, bahwa pemerintah memang mengumumkan ini secara terbuka. Tapi, tidak untuk disikapi berlebihan.

"Bahwa pemerintah mengharapkan bahwa Corona itu diumumkan, itu terbuka, iya. Tetapi jangan nakut-nakuti," ujarnya.

"Ini pemerintah menyerukan jangan menimbulkan ketegangan karena corona. Coba dibuat tenang masyarakat, sehingga tidak terjadi rusuh,"terang Mahfud seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOLID.

MUI melakukan standarisasi kompetensi kepada sejumlah dai yang sering tampil di televisi. Standarisasi ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan MUI.[dzk]


from RMOLBanten.com https://ift.tt/2Im6LJ6
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Depan Puluhan Dai, Mahfud MD: Jangan Bikin Tegang Kalo Ceramah"

Posting Komentar