Adhie Massardi: Maksud Rizal Ramli Itu Kembali Ke Jatidiri Amanat UUD 45, Jangan Juga Jadi Antek AS

RMOLBANTEN. Indonesia akan mendapat bantuan mesin penunjang pernapasan pasien atau ventilator dari Amerika untuk mengatasi wabah virus corona.

Hal itu disampaikan Presiden Amerika Serikat Donald Trumpdalam akun Twitternya, @realDonaldTrump berkicau bahwa dirinya baru berbicara dengan Presiden Joko Widodo yang meminta bantuan ventilator.

"Baru saja berbicara dengan seorang teman, Presiden RI Joko Widodo. Ia meminta ventilator yang tentu akan kami berikan. Kerja sama hebat antara kami," tulis Trump di akun Twitternya, Jumat (24/4), lalu

Trump tak menulis detail ihwal jumlah ventilator yang akan disalurkan ke Indonesia. Namun, ventilator dibutuhkan oleh hampir semua negara yang tengah memerangi wabah virus corona.

Menanggapi itu, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie M Massardi, menulis di Twitter pribadinya.

Menurut mantan Jurubicara Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), setelah diingatkan DR Rizal Ramli agar tidak jadi antek komunis China, pemerintah Indonesia langsung mengalihkan dan minta bantunya ke USA.

"Anak buah yang sudah pro- China pasti miris," tulisnya.

"Maksud Bang RR itu kembali ke jati diri sepertt amanat UUD '45. Jangan juga jadi antek AS," tegas Adhie Massardi.

Diketahui, ekonom senior Rizar Ramli menilai Indonesia masih memiliki waktu untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi virus Corona. Cara yang harus ditempuh pemerintah adalah dengan mengubah strategi keluar dari krisis.

Di balik penurunan ekonomi, eks Menko Bidang Kemaritiman ini optimistis Indonesia bisa menjadi negara yang super power dalam 10 tahun mendatang.

Upaya yang harus dilakukan adalah ahli ekonomi yang berada di lingkaran pemerintah harus diisi oleh sosok yang hebat.

"Untuk itu, kita jangan lagi jadi antek China. Konstitusi kita jelas bebas aktif. Nggak ikut blok barat, blok timur. Kita harus bebas aktif,"terang Rizal dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (22/4).

Sebagai informasi ventilator adalah mesin untuk membantu pernapasan pasien yang mengalami suatu penyakit atau cedera.

Dengan ventilator, pasien atau seseorang dapat asupan oksigen yang cukup.

Penggunaan dan kebutuhan ventilator di rumah sakit di Indonesia meningkat untuk membantu perawatan pasien virus corona.

Indonesia sendiri sebetulnya sudah bisa memproduksi barang ini. PT Pindad diketahui sudah membuat Ventilator Pumping Machine, dimana berfungsi sebagai alat bantu pernapasan untuk pasien-pasien yang mengalami gagal napas.

Sementara PT DI memproduksi Ventilator portabel yang diberi nama Vent-I (Ventilator Indonesia) hasil kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ventilator jenis ini ditujukan bagi pasien yang sakit, tetapi masih mampu bernapas sendiri. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2Y9UVuD
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adhie Massardi: Maksud Rizal Ramli Itu Kembali Ke Jatidiri Amanat UUD 45, Jangan Juga Jadi Antek AS"

Posting Komentar