BMKG: Pesan Arus Angin Dari Utara Ke Selatan Bawa Wabah Adalah Hoax

RMOLBANTEN. Ramai di WhatsAp Group (WAG) pesan singkat yang tersebar di masyarakat yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.

Isi lengkap dari pesan itu:

Kenapa kita dianjurkan untuk memakai masker di tgl 10-12 April 2020,?
URGENT: Sebagai informasi
Usahakan 3 hari kedepan seluruh anggota keluarga masing2 dirumah,tidak keluar rumah,walau hanya untuk berjemur kalau tdk sgt terpaksa Karena dalam 3 hari kedepan arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian. Tolong Informasikan kepada,sanak keluarga dan teman2 yg kita cintai,karena mencegah lebih baik daripada mengobati


Menanggapi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofsika (BMKG) memastikan sumbernya bukan berasal dari BMKG, dan isi informasi tersebut adalah hoax, serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Herizal mengatakan, BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau.

Sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara (dari Benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia).

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, melalui http://www.bmkg.go.id; follow @infobmkg; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/34nloWT
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BMKG: Pesan Arus Angin Dari Utara Ke Selatan Bawa Wabah Adalah Hoax"

Posting Komentar