Potensi Pertanian Pandeglang Besar, Mentan: Bisa Jadi Lumbung Pangan Nasional

PANDEGLANG – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan panen raya di area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjunglesung, Kabupaten Pandeglang dengan luas 250 hektar.

Menurutnya jika seluruh wilayah panen melimpah seperti di Pandeglang tidak harus ditambah dari luar negeri untuk stok pangan.

Demikian dikatakan Mentan saat panen raya padi di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang, Kamis (24/4/2020).

Mentan mengatakan, tujuan dirinya ikut terlibat langsung dalam acara panen raya di Panimbang adalah dalam rangka pengecekan ketersediaan pangan agar bisa terkendali. Beliau tertarik dengan apa yang disampaikan Bupati Pandeglang, Irna Narulita jika di wilayahnya ketersediaan pangan cukup baik.

“Untuk itu Presiden Joko Widodo mengintruksikan kami untuk memvalidasi dan hasilnya cukup memuaskan, dan ini hasil kerja semua pihak. Dari bulan Mei hingga selesai Ramadan saya yakin pangan akan tersedia dengan baik,” katanya melalui siaran tertulis.

Melihat potensi pertanian di Pandeglang cukup besar, Mentan mengintruksikan beberapa Direktorat Jendral (Dirjen) untuk meluncurkan program guna mendukung peningkatan produktifitas pangan di Pandeglang.

“Dirjen Sapras bisa bantu untuk pengadaan combain dan bantu juga pembiayaan melalui kredit lunak untuk pengembangan pertanian,” katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan Pandeglang memiliki luas baku lahan 274.690 hektar, dimana kata Irna lahan sawah seluas 52.640 hektar, dan lahan darat 222.094 hektar.

“Daerah kami saat ini merupakan penghasil beras sentra utama Provinsi Banten kontribusinya mencapai 35%, dan terhadap produksi nasional hampir 1%. Pandeglang merupakan wilayah agraris tersebar di 35 Kecamatan 326 Desa. Potensi yang dimiliki yakni tanaman pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan. Yang sekarang panen kurang lebih 250 hektar, dengan provitas 7-8 ton. Paritas yang ditanam pafi Ciherang oleh Poktan Karya Tani Desa Tanjung Jaya,” jelasnya.

(Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Pertanian Pandeglang Besar, Mentan: Bisa Jadi Lumbung Pangan Nasional"

Posting Komentar