Mahasiswa di Pandeglang Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan 3M

PANDEGLANG – Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur (Staisman) Pandeglang yang sedang melakukan praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Dalambalar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang membagikan tempat cuci tangan, sabun dan masker gratis untuk warga.

Selain membagikan tempat cuci tangan, sabun dan masker gratis, untuk memupuk kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat mahasiswa juga mengadakan loba kebersihan tingkat desa yang diikuti oleh seluruh RT dan RW di desa tersebut.

Ketua Kelompok II KKN Staisman Pandeglang, Simon Inzagi mengatakan, sesuai dengan tema KKN kali ini yakni ‘Partisipasi mahasiswa dalam percepatan penanggulangan Covid-19’ sebisa mungkin program yang dilakukan meliputi tentang penanggulangan Covid-19 dan protokol kesehatan.

“Sesuai amanat dari kampus agar ikut serta membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 jadi kami membuat program tentang bagaimana caranya menerapkan gerakan 3 M. Program kami seperti senam cuci tangan, pembagian tempat cuci tangan, masker, lomba kebersihan tingkat RT/RW dan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum,” jelas Simon, Minggu (4/10/2020).

Kata dia, untuk memastikan kesehatan para anggotanya diwajibkan menggunakan masker saat mengikuti program di luar posko dan mencuci tangan ketika akan masuk ke posko.

“Kalau masker dan cuci tangan itu saya wajibkan, tamu yang datang kesini juga harus menggunakan masker dan cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang sudah kami sediakan, kalau engga pakai masker dan ga mau cuci tangan tamu itu saya suruh balik lagi. Soalnya ini untuk kesehatan kita semua jadi harus tegas,” ujarnya.

Selain program tentang kesehatan, program lain seperti pendidikan, keagamaan, ekonomi dan pemerintah juga tetap dilakukan untuk membantu masyarakat.

“Karena sekolah saat ini sistemnya Daring jadi sebelum anak-anak ini belajar secara Daring kami ajak mereka belajar juga di posko, kalau keagamaan biasanya kami membantu para ustad atau guru ngaji disekitar sini,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Kelompok II KKN Staisman, Budiana menambahkan, pihak kampus sengaja mengambil tema tentang tentang penanggulangan Covid-19 karena sesuai dengan kondisi pandemi sekarang.

Menurutnya, mahasiswa dituntut harus bisa bersinergi dengan masyarakat baik dalam kondisi normal maupun kondisi tidak normal seperti masa pandemi. Selain itu, program juga diarahkan untuk ikut membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

“Penekanan kami pada para mahasiswa untuk membuat program yang berkaitan dengan penanggulangan Covid-19. Tetapi kami juga tetap berpesan pada mereka agar tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker selama beraktivitas di luar posko mereka,” pesannya.

(Med/Red/SG)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa di Pandeglang Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan 3M"

Posting Komentar