Bantu Operasi SAR, Basarnas Kirim Tim Kemanusiaan Gempa Bencana Gempa Bumi Turki

JAKARTA – Sebanyak 47 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) diberangkatkan ke Turki untuk membantu operasi SAR. Para petugas yang diberangkatkan telah lulus dalam penilaian Search and Rescue Advisory Group atau INSARAG External Classification (IEC).

Artinya puluhan personel tersebut telah bersertifikat international dan kapabel untuk memberikan bantuan SAR untuk negara lain yang membutuhkan bantuan Urban SAR (USAR).

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melepas langsung Tim Kemanusiaan Gempa Bencana Gempa Bumi Turki. Kegiatan tersebut digelar di Lanud Halim Perdanakusuma pada Sabtu (11/2/2023).

Tampak hadir Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhan RI Prabowo Subianto, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

Dalam pelepasan itu, Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan untuk membantu korban terdampak gempa di Turki. Hal itu mengingat Indonesia – Turki memiliki hubungan diplomatik yang sudah berlangsung sejak lama.

“Oleh karena itu didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Turki sehingga Pemerintah Indonesia bermaksud memberikan bantuan berupa Emergency Medical Team, Middle Urban Search Rescue Team dan kebutuhan logistik serta peralatan bantuan lainnya yang akan dikirimkan secara bertahap,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis yang diterima BantenNews.co.id, Sabtu (11/2/2023).

Tim diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C 130 dan Boeing 737. Total tim yang diberangkatkan yakni terdiri 62 orang dengan rincian 47 personel Basarnas dan 15 orang dari BNPB. (Red)

The post Bantu Operasi SAR, Basarnas Kirim Tim Kemanusiaan Gempa Bencana Gempa Bumi Turki first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bantu Operasi SAR, Basarnas Kirim Tim Kemanusiaan Gempa Bencana Gempa Bumi Turki"

Posting Komentar