Tips Dampingi Anak Puasa Pertama, Lakukan Cara Ini

SERANG – Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengenalkan ibadah puasa kepada si anak, terlebih yang masih berusia dini.

Meski tidak mudah, mendampingi si anak untuk melakukan puasa harus disertai cara-cara khusus. Hal ini penting untuk membiasakan si anak terbiasa dengan ibadah puasa kelak ketika tumbuh semakin dewasa.

Oleh karenanya, supaya si anak tetap dalam semangat yang tinggi dalam menjalani puasa pertamanya, tidak mengeluh, dan tuntas. Berikut ada tips khusus bagi orang tua agak lancar saat mendampingi si anak puasa pertama, di antaranya:

1. Kenalkan Konsep Ramadan Sejak Dini

Tips pertama, adalah mengenalkan Ramadan sejak dini. Pemahaman mengenai Ramadan secara sederhana ini penting untuk menanamkan kepada si anak, bahwa puasa tidak hanya semata menahan haus dan lapar, melainkan bagian dari ibadah yang nantinya wajib dijalani. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak si anak terlibat dengan aktivitas khas Ramadan, seperti sahur, buka, berburu takjil, salat tarawih, dan tadarus.

2. Ajarkan Bertahap Sesuai Tahapan Usia

Tips kedua, adalah ajarkan bertahap sesuai tahapan usia si anak. Hal ini penting mengingat usia sangat mempengaruhi kemampuan si anak dalam menjalankan puasa. Tidak perlu memaksa untuk si anak menjalaninya dengan penuh dan tuntas. Serta, orang tua bisa memberikan opsi buka di tengah waktu, sebelum melanjutkan puasa lagi, bagi si anak yang masih berusia dini.

3. Berikan Makanan Bergizi dan Seimbang

Tips ketiga, adalah memberikan asupan makanan bergizi dan seimbang untuk si anak. Hal ini penting untuk menjaga nutrisi tubuh si anak. Tujuannya supaya si anak menjadi lebih siap secara fisik untuk perlahan-lahan belajar menjalani puasa serta menjaga kesehatan. Beberapa asupan bisa dipilih sebagai asupan pilihan, seperti protein tinggi, karbohidrat, air putih yang cukup, dan menjauhi gorengan.

4. Jangan Lupa Beri Apresiasi

Tips terakhir, adalah memberikan apresiasi. Hal ini penting sebagai upaya orang tua mengalihkan perhatian si anak untuk tidak terlalu memikirkan rasa lapar dan haus yang sedang dirasakannya. Serta, apresiasi juga bisa memacu semangat si anak untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjalani puasa pertamanya. Apresiasi dapat diberikan dalam bentuk sangat sederhana, seperti pujian, atau bahkan dalam bentuk materil, seperti mainan kesukaan, makanan kesukaan, baju impian saat lebaran.

(Red)

The post Tips Dampingi Anak Puasa Pertama, Lakukan Cara Ini first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dampingi Anak Puasa Pertama, Lakukan Cara Ini"

Posting Komentar