Arab Saudi Berikan Tambahan 8.000 Kuota Haji untuk Indonesia

BANTEN – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan memberikan tambahan 8.000 kuota haji untuk Indonesia. Informasi tersebut sudah masuk dalam sistem e-Hajj, aplikasi pemvisaan Arab Saudi.

“Tambahan kuota haji mulai hari ini terkonfirmasi sudah masuk dalam e-Hajj, jumlahnya 8.000 orang,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, seperti dikutip dari Antara, Minggu (7/5/2023).

Kementerian Agama masih menunggu surat resmi dari Arab Saudi perihal penambahan kuota tersebut dan segera membahasnya dengan DPR.

Kementerian Agama juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Pada 2023, Indonesia mendapat kuota calon haji sebanyak 221.000 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus.

Bersamaan dengan itu, kata Yaqut, Kementerian Agama segera memverifikasi data jamaah yang berhak berangkat untuk kemudian diumumkan sebagai jamaah yang berhak melakukan pelunasan.

Ia menambahkan kontrak penerbangan juga akan disesuaikan seiring adanya kuota tambahan. “Termasuk di dalamnya pengaturan pembagian kloter dan jadwal penerbangan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, meyakinkan para masyarakat bahwa pemerintah bersama DPR RI akan terus berupaya menambah kuota haji Indonesia.

“Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama, dan Komisi VIII DPR RI tetap berkomitmen mencari solusi terbaik terkait tingginya angka daftar tunggu haji di Indonesia,” jelasnya. (Red)

The post Arab Saudi Berikan Tambahan 8.000 Kuota Haji untuk Indonesia first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arab Saudi Berikan Tambahan 8.000 Kuota Haji untuk Indonesia"

Posting Komentar