Digitalisasi Desa, Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama PT Telkom Indonesia

KAB. SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dengan PT Telkom Indonesia kini tengah menjajaki kerja sama terkait Smart Village Nusantara (SVN). Program yang digagas Kamar Dagang dan Industri (KADIN) tersebut merupakan upaya peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Manager Bisnis PT Telkom Indonesia Witel Banten Wibandoko mengatakan, pihaknya memiliki program SVN yang di dalamnya terkait aplikasi Simpel Desa yang berkaitan dengan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Layanan digital tersebut digadang-gadang akan menyejahterahkan masyarakat dari segi pendapatan.

”Aplikasi tersebut intinya Telkom akan menghadirkan layanan digital di mana layanan tersebut nanti berfungsi untuk memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar, jadi harapannya ke depan masyarakat sekitar desa dapat lebih meningkatkan pendapatan dari masyarakat itu sendiri,” kata Wibandoko pada Rabu (24/5/2023).

Rapat koordinasi (rakor) pertama antara Pemkab Serang dengan PT Telkom Indonesia serta KADIN Kabupaten Serang yang digelar di Aula KH.Syam’un pada Rabu (24/5/2023) itu, membahas tentang SVN dan implementasi layanan digital untuk sumber daya masyarakat desa.

Wibandoko menambahkan, manfaat lainnya dari program SVN yakni masyarakat desa dapat lebih melek digital yang membuat masyarakat bisa lebih maju dan lebih berdaya serta dapat bersaing dengan desa-desa lainnya. Dengan aplikasi itu juga memungkinkan setiap desa nanti akan terhubung saling menginformasikan terkait sumber daya di desa tersebut.

”Jadi apabila masyarakat sudah memanfaatkannya pendapatannya bisa lebih meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan perlu melihat aspek hukum dari layanan digital tersebut. Sebab kerja sama tak hanya melibatkan Pemkab Serang, PT Telkom Indonesia dengan KADIN Kabupaten Serang namun juga dengan pemerintah desa (pemdes) dalam hal ini BUMDes untuk meningkatkan pelayanan di desa.

”Sekarang harus dipahami dulu secara operasionalnya seperti apa, kami menugaskan Bagian Hukum untuk melihat aspek hukumnya seperti apa,” ujar Entus.

”Dengan adanya program Smart Village Nusantara dari Telkom Indonesia maka hari ini kita sosialisasikan,” kata Entus.

Entus berharap sosialisasi yang dilaksanakan semua pihak itu menempuh kesepahaman. Sebab di era yang serba internet ini, masyarakat desa bisa melakukan peningkatan untuk pelayanan pemerintah desa, peningkatan ekonomi dan peningkatan aktivitas BUMDes-nya.

Turut hadir pada rapat koordinasi yakni Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Nanang Supriatna, Asda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hamdani, Kepala DPMD Haryadi, Kabag Perekonomian Wawan, Sekretaris Diskoumperindag Shinta Asfilian Harjani, dan Kepala Bidang Aptika pada Diskominfosatik Ari Arumansyah. Kemudian General Manager PT Telkom Indonesia Adang Widodo, Manager Bisnis PT Telkom Indonesia Witel Banten Wibandoko beserta jajaran dan Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Kabupaten Serang Didi Supriyadi.

(Nin/Red)

The post Digitalisasi Desa, Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama PT Telkom Indonesia first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Digitalisasi Desa, Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama PT Telkom Indonesia"

Posting Komentar