Jahe Merah dan Bawang Putih Tunggal Miliki Manfaat yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Oleh Kesizia Vivi Roito

Siapa sih yang tak mengenal nama-nama rempah diatas? Nama-nama rempah yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan banyak macam penyakit. Jahe merah, bawang putih tunggal dan beras kencur adalah satu nama-nama bahan rempah yang memiliki manfaat tinggi bagi tubuh. Mungkin tidak banyak orang yang tahu khasiat dari salah satu mereka. Rempah-rempah yang melimpah dan mudah ditemukan ini kadang tak banyak peminatnya karena kurangnya edukasi terhadap masyarakat kita dengan harta karun yang dimiliki Indonesia ini.

Hanya segelintir orang yang mengetahui khasiat mereka ini. Khasiat jahe merah ini lebih tinggi dibanding Jahe biasa yang digunakan untuk bahan masak. Jahe merah yang tidak banyak peminatnya seperti jahe biasa pada umumnya mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Bahkan sekarang banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jahe merah sebagai komposisi utama untuk membuat terobosan produk terbaru milik perusahaan tersebut, seperti kopi yang mengandung jahe merah, susu yang juga mengandung jahe merah dan bahkan sereal sehat yang mengandung jahe merah didalamnya.

Berikut manfaat luar biasa mengkonsumsi jahe merah bagi tubuh:

1. Menyembuhkan Demam dan Batuk
Semua umur dapat mengkonsumsi ramuan jahe merah untuk menyembuhkan demam dan batuk atau rasa gatal pada tenggorokkan. Dengan mencampurkan madu dan jus jahe merah serta air hangat dan membuat badan yang demam serta batuk mereda dan membuat badan seseorang menjadi cepat pulih. Kandungan gingerol, shogaols dan zingerones ini yang mampu memulihkan badan yang demam dan batuk dengan cepat.

2. Menghangatkan Tubuh Ketika Merasa Masuk Angin
Semua orang pasti sudah tahu salah satu khasiat luar biasa dari jahe merah adalah menghangatkan tubuh ketika merasa masuk angin, kandungan nutrisi dalam jahe merah ini menjadikan jahe merah salah satu rempah-rempah yang aman dan ampuh untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak akan masuk angin ketika mengkonsumsinya.

3. Mencegah Diabetes
Kandungan gingerol pada jahe merah mampu berpotensi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan sintesis glikogen, sehingga mencegah diabetes pada seseorang.

4. Meningkatkan Imunitas Pada Tubuh
Pada saat corona kemarin, banyak orang yang memburu jahe merah sebagai salah satu ramuan penting untuk tubuh agar meningkatkan imunitas tubuh agar virus corona tidak dapat berkembang semakin jauh pada tubuh. Jahe merah memilki kandungan gingerol dan shogaols yang berperan sebagai zat yang memiliki kemampuan memodifikasi respons sistem imun tubuh dengan meningkatkan atau menekan produksi antibodi atau Imunomodulator. Zat yang terkandung dalam jahe merah ini bertujuan menangkal virus yang akan membuat penyakit pada tubuh. Itulah alasan mengapa pada saat corona jahe merah sangat diminati banyak orang.

5. Menambah Stamina Pada Tubuh
Jahe merah dapat mengurangi tekanan darah yang meningkat pada tubuh dan membantu meningkatkan aliran darah pada tubuh. Jahe merah biasa digunakan oleh orangtua zaman dahulu sebagai obat untuk meningkatkan stamina tubuh. Karena jahe merah memiliki sifat anti-inflamasi yang memungkinkan untuk meredakan rasa nyeri otot pada tubuh.

Setelah mengetahu manfaat luar biasa dari Jahe merah, kalian juga harus mengetahui ada salah satu rempah-rempah milik Indonesia yang jarang diketahui banyak orang karena khasiat kandungannya seperti jahe merah tadi, yaitu bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal bukan salah satu rempah yang memiliki banyak peminat seperti jahe merah, mungkin bahkan asing ditelinga kalian. Yaa, bawang putih tunggal adalah salah satu yang memiliki khasiat luar biasa seperti jahe merah yang mampu meredakan penyakit juga.

Pasti kalian akan mengganggap baawang putih tunggal ini sama dengan bawang putih yang selalu dipakai saat memasak. Namun nyatanya bawang putih ini berbeda dari apa yang kalian bayangkan. Dari bentuk, rasa, dan kandungan gizi didalamnya pun sangat berbeda. Bawang putih tunggal bisa juga digunakan sebagai salah satu bumbu untuk memasak, namun bawang putih tunggal ini lebih sering dikonsumsi sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.

Berikut manfaat luar biasa pada bawang putih tunggal bagi tubuh:

1. Untuk Mengecerkan Darah
Kandungan antiplatelet dalam bawang putih tunggal ini mampu mengecerkan darah dalam tubuh apabila kita mengalami pembekuan dalam darah. Bawang putih tunggal adalah salah satu obat alami yang Tuhan ciptakan dan banyak ditemukan di Indonesia. Apabila mengunyah bawang putih tunggal seperti mengunyah permen khasiatnya akan lebih cepat dirasakan oleh tubuh dengan cepat.

2. Dapat Mengobati Sakit Gigi
Kandungan senyawa allicin dan sifat antiseptik dalam bawang putih tunggal dapat membantu menghilangkan kuman penyebab gigi yang sedang sakit dan meredakan nyeri pada saat sakit gigi, dengan mengunyah bawang putih tunggal dengan gigi yang sakit akan dengan segera menyembuhkan. Namun perlu diketahui, mengunyah bawang putih tunggal pada saat sakit gigi rasa sakitnya akan luar biasa sakit, kalian harus menahan rasa sakit itu sebentar agar bawang putih tunggal bekerja mengusir para kuman penyebab sakit gigi, ketika nyeri sudah mereda kalian akan jarang mendapatkan sakit gigi pada gigi yang sama.

3. Dapat Mengobati Flu
Kandungan vitamin C, selenium, dan sulfut dalam bawang putih tunggal ini dapat membantu memperbaiki imun tubuh dan dapat mengatasi flu dengan cepat. Selain dari buah kandungan vitamin C pun terdapat pada kandungan bawang putih tunggal. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menggeprek bawang putih dan mencincangnya lalu diseduh dengan air hangat dan ditambah madu sedikit flu yang ada dalam tubuh akan segera teratasi oleh ramuan tadi.

Apabila jahe merah dan bawang putih tunggal dicampurkan akan lebih luar biasa lagi khasiatnya, keluarga saya selalu mengkonsumsi kedua bahan tersebut pada zaman virus corona menyebar di Indonesia. Jahe merah dan bawang putih tunggal yang diblender halus lalu ditambah air hangat dan dicampur madu akan lebih meningkatkan imunitas pada tubuh.

Jamu ini juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang pernah saya alami langsung, baik itu demam, flu, batuk, dan pusing sekalipun dapat diobati dengan meminum jamu tersebut. Bahkan sampai sekarang keluarga saya selalu menyetok minuman itu walaupun kami tidak ada yang sakit kami selalu mengkonsumsinya setiap hari agar meningkatkan imunitas pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan karena sehat itu mahal harganya.

Penulis mahasiswi Universitas Pamulang.

 

The post Jahe Merah dan Bawang Putih Tunggal Miliki Manfaat yang Luar Biasa Bagi Tubuh first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jahe Merah dan Bawang Putih Tunggal Miliki Manfaat yang Luar Biasa Bagi Tubuh"

Posting Komentar