Antusias Masyarakat Kota Tangerang dalam Berkuban di Idul Adha 1444 H Meningkat

TANGERANG – Aktivitas jual beli hewan kurban di Kota Tangerang kian terlihat jelang Idul Adha 1444 H. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mencatat antusias masyatakat berkuban terjadi peningkatan.

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun mengungkapkan peningkatan penjualan hewan kurban, terjadi usai pandemi Covid-19. Tercatat, di 2023 ini ada 259 lapak yang ada di Kota Tangerang dengan 5.349 ekor sapi, 10 ekor kerbau, 4.150 ekor kambing, 3.052 ekor domba, dengan jumlah keseluruhan 12.561 ekor hewan kurban.

“Angka ini cukup jauh meningkat dibanding 2022 kemarin, dimana hanya ada 160 lapak dengan 4.696 ekor sapi, 33 ekor kerbau, 3.927 ekor kambing, 2.245 ekor domba dengan keseluruhan 10.901 ekor hewan kurban,” papar Muhdorun dalam keterangannya, Kamis (22/6/2023).

Sementara itu, peningkatan antusias atau penjualan hewan kurban juga diakui Syafrudin, salah seorang pedagang hewan kurban, di wilayah Cipondoh. Katanya, dari 62 ekor sapi yang dimilikinya hingga saat ini tersisa satu ekor saja. Peningkatan peminat hewan kurban memang benar ia juga rasakan.

“Bahkan, lapak saya ini lagi menunggi pengiriman sapi dari Banyuwangi sebanyak 20 ekor sapi, ini sesuai permintaan konsumen. Jadi, 20 ekor yang mau datang ini pun sudah dalam pesanan orang-orang. Luar biasa alhamdulillah banget untuk tahun ini,” imbuhnya.

Sementara itu, masyarakat yang ingin berkurban diimbau untuk memastikan dengan membeli hewan yang telah diperiksa oleh dokter hewan, paramedis, atau veteriner yang dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) daerah asal.

DKP Kota Tangerang juga telah melakukan pemeriksaan khusus. Jadi masyarakat juga bisa cek lebih dulu, lapak pedagang hewan kurban yang telah diperiksa kesehatannya dengan petugas DKP yaitu dengan dipasangnya stiker khusus yang tertera tanggal pemeriksaan, petugas pemeriksa dan hasil pemeriksaannya. Dalam hal ini, pastikan membeli hewan kurban yang bersertifikasi resmi.

(Ril/Red)

The post Antusias Masyarakat Kota Tangerang dalam Berkuban di Idul Adha 1444 H Meningkat first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antusias Masyarakat Kota Tangerang dalam Berkuban di Idul Adha 1444 H Meningkat"

Posting Komentar