Dinilai Banyak Manfaat DP3AKKB Banten Kampanyekan Ber-KB

LEBAK – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten mendorong masyarakat khususnya kaum ibu di Provinsi Banten untuk melakukan program Keluarga Berencana (KB).

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten, Sitti Ma’ani Nina mengatakan, ada banyak manfaat ber-KB, khususnya bagi ibu-ibu pasca persalinan. Salah satunya menurunkan resiko kanker.

“Melalui KB pasca persalinan dengan memakai KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), dapat menurunkan resiko kanker pada ibu. Selain itu, menurunkan resiko kehamilan, menjaga kesehatan mental, serta tidak menganggu tumbuh kembang anak, sehingga tidak menutunakn resiko stunting pada anak,” kata Nina, Jumat (23/6/2023).

Dijelaskan Nina, melalui kesertaan KB, juga dapat mengendalikan kelahiran dan pertambahan penduduk, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Hal itu sejalan dengan Undang-undang (UU) Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sebagai Dasar Pelaksanaan Program Keluarga Berencana.

“Di mana UU tersebut, menekankan kewenangan tidak hanya terbatas pada masalah pembangunan keluarga berencana dan keluarga sejahtera saja. Namun juga menyangkut masalah pengendalian penduduk,” jelasnya.

“Kemudian UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah semakin mempertegas kewenangan tersebut. Di mana pembaguan urusan pemerintahan konkruen anatar pusat, daerah provinsi dan kabupaten/kota, yang di dalamnya juga menegaskan keqenangan dalam pelaksanaan urusan tersebut.

Serta Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dan Instruksi Gubernur Banten Nomor 2 Tahum 2018 tentang gerakan Banten eliminasi dan cegah stunting,” sambungnya.

Menurut Nina, dengan banyaknya manfaat ber-KB, pihaknya berharap adanya kesadaran bagi setiap individu agar mengikuti program KB.

“Harapan kami, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta dan kerjasama organisasj krmasyarakatn dalam pembinaan kesertaan ber-KB, melalui sosialisasi program Bangga Kencana. Serta dapat menurunkan angka stunting,” tandasnya. (Mir/Red)

 

The post Dinilai Banyak Manfaat, DP3AKKB Banten Kampanyekan Ber-KB first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinilai Banyak Manfaat DP3AKKB Banten Kampanyekan Ber-KB"

Posting Komentar