Ciptakan Lingkungan Ramah, IKA SMAN 1 Ciruas Bangun Toilet Khusus Difabel

SERANG – Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 1 Ciruas (IKA-SMANCIR) kembali melakukan langkah nyata dalam pembangunan, khususnya di lingkungan SMA Negeri 1 Ciruas, yaitu dengan membuat kamar mandi khusus difabel. Pembangunan fasilitas MCK tersebut dibangun di areal Masjid At Tarbiyah yang nerada di dalam lingkungan sekolah.

Diketahui, pada kepengurusan IKA-SMANCIR periode 2020-2023, para alumni di bawah komando Hj. Hani Suryandini telah berhasil membangun Masjid At-Tarbiyah yang menelan biaya kurang lebih hampir Rp 3 miliar. Di mana pembiayaan pembangunan dilakukan secara kolektif dari seluruh angkatan yaitu mulai angkatan 1986 hingga 2020.

Sementara, pada kepungurusan periode 2023-2026 di bawah kepemimpinan H. Agus Sudrajat, pembangunan fasilitas penunjang Masjid At-Tarbiyah dilanjutkan dengan membangun fasilitas MCK khusus difabel. Peletakan batu pertama dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-78.

Ketua Panitia Pembangunan MCK Khusus Difabel, H. Dhepi mengatakan, IKA-SMANCIR kembali hadir membwrikan sumbangsih demi kemajuan SMA Negeri 1 Ciruas, salah satunya dengan membangun fasilitas MCK difabel. MCK tersebut dibangun di lahan seluas 7×5 meter.

“Pembangunan ini merupakan kelanjutan pembangunan Masjid At-Tarbiyah yang selesai pada pertengahan 2020 lalu. Ini juga merupakan sumbangsih kami sebagai alumni,” kata Dhepi, Kamis (17/8/2023).

Dhepi juga memastikan pendanaan akan dilakukan secara kolektif oleh para alumni.

“Untuk pembiayaan (pembangunan) dikisaran Rp 320 juta. Dan pendanaannya sepenuhnya akan dibiayai alumni. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk para donatur lainnya jika ingin berpartisipasi,” ucapnya.

Sementara, Ketua IKA-SMANCIR, Agus Sudrajat mengatakan, pembangunan fasilitas MCK merupakan bagian dalam menciptakan lingkungan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Selain sebagai fasilitas penunjang Masjid At-Tarbiyah.

“Masjid ini kan bukan hanya dipakai oleh seluruh siswa siswi tapi juga masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara, Keoala SMA Negeri 1 Ciruas, Aan Hernawan memberikan apresiasi atas kehadiran IKA-SMANCIR.

“Kami sangat bangga atas kekompakan dan kepekaan serta masih mengakui almamaternya. Dan turut membangun fasilitas sekolah. Serta almuni pun turut membantu dalam membangun SDM sehingga dapat diharapkan siswa siswi SMAN 1 Ciruas dapat melanjutkan ke perguruan negeri,” ucapnya. (Mir/Red)

 

The post Ciptakan Lingkungan Ramah, IKA SMAN 1 Ciruas Bangun Toilet Khusus Difabel first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciptakan Lingkungan Ramah, IKA SMAN 1 Ciruas Bangun Toilet Khusus Difabel"

Posting Komentar