Cuaca Panas Jaga Kondisi Kulit Kepala, Ini Tipsnya

SERANG – Belakangan ini cuaca sedang panas ekstrem. Apalagi saat lebaran mengharuskan kita beraktivitas keluar rumah untuk berkunjung ke rumah keluarga dan tetangga sekitar. Saat cuaca panas rentan terjadi masalah pada kulit kepala dan rambut.

Sengatan matahari membuat kondisi kulit kepala kering dan rambut menjadi lepek. Sehingga tak jarang menyebabkan kulit kepala berketombe dan gatal. Selain itu menyebabkan rambut mudah rontok dan rusak. Tentunya ini mengganggu aktifitas saat sedang bersilaturahmi dan membuat tidak percaya diri.

Gak usah khawatir, kamu bisa lakukan ini agar terbebas dari masalah kulit kepala, seperti ketombe dan lepek, sepanjang musim panas ini!

1. Rutin Keramas

Cuaca panas biasanya membuat rambut lepek disebabkan penumpukan kotoran dan minyak berlebih di kulit kepala. Segarkan kembali kulit kepala dengan keramas menggunakan shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala. Lakukan keramas secara rutin sehari atau dua hari sekali. Agar dapat membersikan kotoran, keringat dan minyak berlebih di kulit kepala.

Namun setelah beraktifitas diluar rumah, pastikan kondisi kulit kepala sudah dingin. Jangan langsung mandi atau keramas saat kondisi kulit masih berkeringat ya.

2. Gunakan Kondisioner

Selanjutnya, kamu bisa gunakan kondisioner agar rambut tetap sehat terawat. Namun untuk rambut yang mudah rapuh, gunakan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut, tanpa mengenai kulit kepala. Kamu juga bisa menggunakan dry shampoo, yang dapat menyerap minyak.

Kondisioner juga memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, sehingga memicu kulit kepala jadi lebih berminyak yang malah membuat rambut lepek. Jadi gunakan pemakaiannya dengan benar ya.

3. Perhatikan Suhu Air Saat Keramas

Selain itu, yang perlu diperhatikan ialah suhu air saat keramas. Karena ternyata suhu air dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala. Air panas bisa mengikis kelembapan alami kulit kepala, yang kemudian memicu produksi minyak berlebih. Hal ini yang bikin rambut rentan terlihat lepek.

Jadi, disarankan untuk keramas menggunakan air dingin atau air yang memiliki suhu ruangan untuk menjaga rambut tetap bersih dan bebas lepek.

4. Lindungi Kepala

Cara lainnya untuk melindungi kulit kepala saat cuaca panas ekstrem ialah melindungi kepala terkena paparan sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakan payung atau topi saat beraktifitas diluar. Bagi yang mengenakan hijab, gunakan hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun, rayon dan voal.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar tidak mudah rusak. Cuaca panas tentunya tidak menghalangi segala aktivitas kamu seharian diluar rumah ya.

(Red)

The post Cuaca Panas Jaga Kondisi Kulit Kepala, Ini Tipsnya first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cuaca Panas Jaga Kondisi Kulit Kepala, Ini Tipsnya"

Posting Komentar