Jelang Pemilu 2024, Puluhan WBP Rutan Serang Lakukan Perekaman e-KTP

KAB. SERANG – Jelang Pemilu 2024, sebanyak 21 Warga Binaan Pemasyaratakan (WBP) Rutan Klas IIB Serang melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Kegiatan itu merupakan sinergitas dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Serang, Tubagus Maftuhi mengatakan, pelayanan adminduk dengan jemput bola itu dilakukan pada Senin (15/1/2024). Tujuan dari kegiatan ini untuk memenuhi hak kependudukan WBP, selain itu juga sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama dengan Rutan Klas IIB Serang.

”Perekaman dilakukan agar identitas warga binaan menjadi jelas jika memiliki adminduk,” ujarnya, Senin (15/1/2024).

Maftuhi menambahkan, layanan adminduk diberikan kepada WBP sebagai salah satu upaya pemutakhiran data menjelang Pemilu 2024.

”Jadi ini berpengaruh terhadap pemilu untuk dikoordinasikan dengan KPU, karena Rutan juga membutuhkan data jelas adminduk semua warga binaan,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk (PPP) Disdukcapil Kabupaten Serang Dimas Panduasa mengatakan, jemput bola pelayanan adminduk di Rutan Klas IIB merupakan yang keempat kalinya dilakukan.

”Rutan Serang bila ada warga binaan baru yang belum mempunyai data kependudukan biasanya meminta tolong kepada Disdukcapil Kabupaten Serang untuk melakukan pengecekan,” katanya.

Pihak Rutan Serang Klas IIB, kata Dimas, meminta sebanyak 21 WBP baru untuk dilakukan pengecekan adminduknya. Saat dicek, 18 warga binaan telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan 3 lainnya belum memiliki dokumen adminduk sehingga dilakukan penginputan data dan perekaman.

”Jadi hari ini kita melakukan perekaman 21 orang, 18 orang sudah terdata dan ditemukan NIK-nya kami laporkan ke pihak Rutan Serang untuk kepentingan layanan lainnya. Bersamaan juga persiapan Pemilu 14 Februari mendatang,” terangnya.

Sedangkan untuk data yang tercatat di Disdukcapil Kabupaten Serang per-Desember 2023, data warga berusia 17 tahun yang telah memiliki e-KTP mencapai 99,7 persen.

”Kita ada 3000-an orang lagi yang belum direkam, hanya memang ketika ditambah dengan data usia 17 tahun saat ini sampai dengan Februari 2024 kita masih ada target rekaman 20 ribu orang sampai dengan 14 Februari,” katanya.

Kepala Rutan Kelas II B Serang, Prayoga Yulanda mengatakan dengan terjalinnya sinergi dalam pelayanan adminduk pihaknya sangat terbantu dengan kehadiran Disdukcpail Kabupaten Serang yang melakukan jemput bola pelayanan adminduk.

”Kami berterimakasih kepada Disdukcapil yang telah menyempatkan waktu datang ke rutan untuk melaksanakan perekama bagi warga binaan,” ucapnya.

Prayoga mengatakan, warga Kabupaten Serang yang berada di rutan terdata sebanyak 120 orang.

”Alhamdulillah semuanya sudah terlayani perekaman e-KTP oleh Disdukcapil, ini sebagai tindak lanjut PKS pada tahun 2023 lalu,” katanya. (Nin/Red)

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Pemilu 2024, Puluhan WBP Rutan Serang Lakukan Perekaman e-KTP"

Posting Komentar