Pengumuman PPDB SMA Ditunda 19 Jam, Ini Alasan Pemprov

RMOLBanten. Pemprov Banten sempat menunda pengumuman hasil seleksi pendaftaran seleksi peserta didik baru (PPDB) untuk SMA, SMK dan SKh selama 19 jam.

Sesuai jadwal mestinya, dilakukan pada Sabtu (29/6) pukul 17. 00 WIB, akan tetapi hal tersebut baru bisa pada Minggu pukul 13. 00 WIB.

Meski tertunda, akan tetapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten mengkalim tidak ada praktik kecurangan. Alasannya masalah teknis.

Plt Sekretaris Dindikbud Banten, Ujang Rafiudin, Minggu (30/6) mengatakan, penundaan pengumuman PPDB dikarenakan masih adanya SMK yang melakukan proses verifikasi hasil seleksi calom siswa.

Memang seharusnya kemarin (Sabtu, red) pukul 17.00 WIB, tapi karena masih ada beberapa SMK yang melakukan verifikasi, jadi makanya kita tunda. Dan penundaan juga nggak sampai 24 jam, Cuma 19 jam. Dan hari ini sudah diumumkan pukul 13.00 WIB,” katanya.

Ia menjelaskan, alasan lain penundaan karena Dndikbud belum melaporkan proses akhir PPDB kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH).

Kemarin Pak Kadis (Engkos Kosasih Samanhudi) dan Pak Sekda (Al Muktabar) belum melapor ke Pak Gub, jadi kami juga belum berani. Tapi tadi sudah lapor dan sekarang sudah dibuka, dan seluruh sekolah sudah diinstruksikan untuk melakukan pengumuman. Bahkan sudah ada surat edaran juga,” terangnya.

Meski begitu, Ujang mengaku, secara umum proses PPDB untuk SMA, SMK dan SKh se Banten tahun 2019 berjalan lancar.

Kalaupun ada yang tidak diterima itu karena kuota sekolah yang terbatas, jadi nggak mungkin diterima semuanya. Tapi Pak Gub juga memberikan apresiasi terkait PPDB ini,” imbuhnya.

Yang menjadi catatan itu, para kepala sekolah SMA, SMK dan SKh se Banten satu komando. Jadi dari 230 sekolah baik SMK, SMA dan SKh negeri nggak ada yang tertinggal pengumuman kelulusan seleksi PPDB. Dan kita juga sebelum pengumuman dapat arahan dari Pak Gubernur untuk berhati-hati. Intinya semua harus terakomodir,” sambungnya.

Sementara, Sekda Banten, Al Mukatabar membenarkan jika pemprov telah mengumumkan hasil PPDB untuk SMA, SMK dan SKh negeri.

Sudah diumumkan di web sekolah, mulai pukul satu tadi,” ungkapnya.

Dijelaskan ia, para peserta ujian saat ini sudah bisa mengaksesnya untuk mencari tahu siapa-siapa saja yang muncul melalui website milik sekolah tempat masing-masing siswa mendaftar.

Andaikan ada selisih kecepatan pengumuman PPDB online hari ini melalui web sekolah, kemungkinan hanya disebabkan oleh faktor jaringan, sehingga pengumuman siswa yang lulus menjadi agak sedikit berbeda antara sekolah satu dengan lainnya,” papar Al Muktabar. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2XBSQrH
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengumuman PPDB SMA Ditunda 19 Jam, Ini Alasan Pemprov"

Posting Komentar