Monyet Liar di Kota Serang Resahkan Warga Kasemen

SERANG – Ratusan warga Kampung Unyur RT 02 RW 01 Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang mengaku resah. Sebab beberapa monyet atau Kera yang diduga liar menyerang pemukiman warga sekitar.

Bahkan sudah ada 3 anak-anak warga sekitar menjadi korban serangan monyet tersebut.

Ketua RW, Taufik mengatakan sudah beberapa beberapa bulan ini kera tersebut menggangu aktivitas warga sekitar. Terutama anak-anak yang sering menjadi korban serangan kera tersebut.

“Menurut informasi warga, kera tersebut ada tiga ekor di antaranya ada seukuran anak kambing. Kami khawatir, karena kera tersebut sering nyerang dan mencakar anak-anak secara tiba-tiba,” ujarnya, Kamis (4/7/2019).

Dikatakan Taufik, biasanya kera tersebut menyerang disaat warga sedang beristirahat. Namun kadang juga tiba-tiba menyerang anak-anak usai mandi di Sungai Cibanten dan kadang yang lagi bermain di kebun juga jadi ancaman serangan kera tersebut.

“Kami sudah berusaha menangkapnya dengan membuat jebakan untuk kera betina yang diikat di pohon. Tapi upaya itu belum mampu untuk menjinakan kera liar terasbut,” katanya.

Mendapati keluhan warga, Tuwuh Rahadianto Laban, Kepala Resort Konservasi Wilayah III Banten mendatangi kampung tersebut.

Ia bersama dua anggotanya langsung memasang jebakan di area kera keluar ke pemukiman warga. Pihaknya menggunakan satu kandang yang berisi makanan yang disukai para kera liar tersebut.

“Kami coba gunakan kandang ini, biasanya berhasil. Coba aja nanti hasilnya gimana. Bisa aja kita panggil dokter hewan dengan menembak hewan tersebut dengan senapan bius. Tapi kami coba cara ini dulu,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui status kepemilikan kera tersebut, apakah milik warga atau datang tiba-tiba ke kampung Unyur.

“Tapi kayaknya melihat kondisi kampung sekitar, monyet ini dilepaskan warga yang sudah bosan memeliharanya atau alasan lain. Makanya kami imbau pada warga untuk melaporkan ke petugas BKSDA setempat jika memiki hewan peliharaannya ke alam bebas. Supaya gak membahayakan warga sekitar. Karena biasanya hewan primata membawa penyakit hepatitis atau rabies,” terangnya. (Dhe/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monyet Liar di Kota Serang Resahkan Warga Kasemen"

Posting Komentar