Sudah Sepekan Aplikasi SITP Pemkab Pandeglang Diretas

RMOLBanten. Sudah sepekan aplikasi Sistem Informasi Transparansi Publik (SITP) milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tidak bisa diakses.

Situs yang berisi tentang informasi daerah tersebut diduga telah diretas hacker

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum BKPD Pandeglang, Ade Juansah, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/7).

"Diretasnya aplikasi sitp.pandeglangkab.go.id terjadi sudah satu pekan, atau sejak akhir bulan Juni lalu,” ungkapnya.

Ade Juansyah mengaku sudah melakukan koordinasi dengam vendor atau pihak ketiga pembuat aplikasi yang berisi tentang perbaruan data seperti perencanaan penganggaran, realisasi anggaran, pengakuntansian dan penatausahaan.

Komunikasi dengan vendor kita sudah lakukan tiap bulan, intens, sudah di konfirmasi juga ke vendor dan informasinya sedang ditangani. Tapi belum diketahui kapan penanganan akan selesai," bebernya panjang lebar.

Ia mengimbau, jika aplikasi masih tidak bisa diakses, masyarakat dapat datang langsung ke kantor BPKD, baik itu menggunakan surat maupun tidak menggunakan surat.

Langsung datang tidak masalah, mau bersurat juga tidak masalah. Kita terima dengan baik. Jika ada data yang ingin diminta, harus bersurat. Jika hanya ingin mengkonfirmasi data, cukup datang saja tanpa bersurat,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Yahya Gunawan menuturkan, sangat menyayangkan dengan adanya peretasan terhadap aplikasi sitp.

Karena menurutnya aplikasi SITP ini merupakan aplikasi yang paling berkontribusi pada penetapan Pandeglang sebagai peringkat tiga besar dalam penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk kategori kabupaten tahun 2019.

"Saya hanya menyayangkan, karena di SITP itu dilengkapi sistem pengaduan, aplikasi itu sangat bermanfaat. Masyarakat dan pimpinan bisa menilai kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2K18Goc
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Sepekan Aplikasi SITP Pemkab Pandeglang Diretas"

Posting Komentar