Tujuan Damai, Iran Siap Perkaya Uranium Menjadi Lima Persen

RMOLBanten. Langkah memperkaya uranium, bukan basa-basi lagi dilakukan negara Iran. Teheran mengkonfirmasi dapat meningkatkan pengayaan uraniumnya menjadi lima persen untuk tujuan damai.

Hal itu disampaikan penasihat hubungan internasional untuk Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, Ali Akbar Velayati akhir pekan ini (Sabtu, 6/7).

"Pengayaan uranium akan meningkat sebanyak yang dibutuhkan untuk kegiatan damai kami," ujar Ali Akbar.

Langkah diambil setelah Iran mengancam akan menangguhkan bagian-bagian kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia pasca penerapan kembali sanksi dari Amerika Serikat.

Kesepakatan itu membatasi maksimal pengayaan Iran pada 3,67 persen dan cukup untuk pembangkit listrik, tetapi jauh di bawah tingkat lebih dari 90 persen yang dibutuhkan untuk senjata nuklir.

"Untuk reaktor nuklir Bushehr, kami membutuhkan pengayaan lima persen dan itu adalah tujuan yang sepenuhnya damai," tambahnya seperti dimuat Channel News Asia.

Bushehr sendiri adalah satu-satunya stasiun tenaga nuklir Iran dan saat ini menggunakan bahan bakar impor dari Rusia yang dipantau secara ketat oleh Badan Energi Atom Internasional PBB. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2RWSs1C
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Damai, Iran Siap Perkaya Uranium Menjadi Lima Persen"

Posting Komentar