Disidak Wakil Walikota Serang, Pengelola Siap Benahi Pasar Rau

SERANG– Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin beserta aparatur pemerintah terkait mengunjungi Pasar Induk Rau(PIR). Tujuannya Pemkot Serang memastikan kesiapan pengelola PIR untuk segera membenahi pasar Induk Rau Kota Serang.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Walikota Serang Syafrudin meminta pengelola PIR menyediakan lapak untuk para PKL, pedagang hamparan dan grosir yang ada di luar area PIR. Pihaknya pada 2 September nanti para PKL, hamparan dan grosir sudah  pindah ke dalam PIR. “Jangan nanti pedagang luar yang ke dalam, pengelola belum siap menampungnya. Tadi kami mengontrol, alhamdulilah sudah ada tempat untuk para PKL, pedagang hamparan dan grosir,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk para pedagang grosir, pihaknya berharap pengelola menyediakan lapak khusus untuk aktifitas jual beli. Sebab zonasi pedagang grosir lebih besar dari pada PKL dan pedagang hamparan. Total 75 persen grosir. Dan penempatanya kemungkinan besar tidak berada di lantai atas. “Kita juga nunggu sampai ada lampu hijau dari pengelola. Sekalipun rencana kita tanggal dua sudah pada pindah tapi iya balik lagi kesiapan pengelola. Saya sih tidak mau ngambil resiko memaksa pedagang untuk pindah. Intinya kami ingin mengembalikan sesuai fungsinya. Jalan digunakan untuk jalan, trotoar difungsikan untuk trotoar. Fungsi terminal kembalikan ke fungsinya. Sesuai perda kita, tanpa pandang bulu,” ujarnya

Ia berharap semua para pedagang dan pengelola mampu memahami aturan yang berlaku di Kota Serang. Sehingga pembenahan Pasar Induk Rau terlihat rapi, bersih dan layak untuk aktifitas jual beli. “Kita berharap semua masyarakat dan pemangku kepentingan yang ada di PIR menjalankan dan memamhami bahwa pasar Rau ini layak untuk aktifitas jual beli,” ujarnya.

Sementara itu Dirut Pesona Persada Ovi Khurotunnufus mencatat sudah 13 persen terdaftar dari 600 pedagang yang siap pindah ke dalam area pasar. Bahkan pihaknya sudah siap menyediakan 800 lapak.” Yang sudah register sudah 13 persen dari total keseluruhan pedagang. Kami sudah sosialisakan sejak tanggal 19 Agustus. Dan kami juga terus mengimbau teman-teman yang lain untuk mendaftar,” ujarnya.

Ia juga sudah menyediakan 11 lampu tembak untuk menunjang para pedagang saat beraktifitas malam hari. Pihaknya juga mengklaim gedung tersebut mampu bertahan hingga 2050. “Bangunan ini kan yang ngebangun PT WIKA dari 2004, jadi soal keamanan dan kekuatan bangunan dipastikan aman. Untuk pedagang hamparan 125 dan kita siapkan 250. Kalau di atas, untuk biaya awal 250 ribu untuk instalasi listrik. Tapi sewanya gratis selama 6 bulan pertama. Dan setelahnya mereka berbayar. Tapi besarannya kita belum tentukan,”ucapnya (Dhe/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disidak Wakil Walikota Serang, Pengelola Siap Benahi Pasar Rau"

Posting Komentar