Sosiolog Untirta: Langkah WH Tepat, Selanjutnya Pemrov Harus Pikirkan Usahanya

RMOLBanten. Rencana pemulangan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) memulangkan warganya yang terjebak konflik di Papua khususnya di Wamena,mendapat respon positif banyak pihak.

Salah satunya dari sosiolog Untirta Suwaib Amiruddin. Menurutnya apa yang dilakukan oleh gubernur sudah tepat

"Ini merupakan bentuk kepedulian seorang kepala daerah, apalagi situasi disana (Wamena) tidak kondusif," ujar Suwaib, di Kota Serang, Kamis (3/10).

Suwaib mengatakan, pemulangan warga dari daerah konflik oleh pemerintah daerah bisa menjadi salah satu poin penting yang bisa dilakukan seorang kepala daerah, sebab warga merupakan salah satu aset yang harus mendapatkan perlindungan.

"Pemerintahan mempunyai tanggung jawab untuk menjamin kehidupan warganya di manapun ia berada," tegasnya.

Langkah pertama, kata Suwaib, menjamin keselamatan warganya sudah dilakukan oleh pemerintah Provinsi Banten. Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya, pemerintah harus menjamin kehidupan sementara warganya pasca datang ke Banten

"Sampai warga bisa berusaha sendiri, dan mendapatkan kehidupan yang layak, pemerintahan wajib menjamin sementara kehidupannya," ujarnya.

Warga kata Suwaib, bisa kembali lagi ke Papua pasca situasi kembali kondusif. Tapi jika warga tidak mau balik lagi, pemerintahan wajib memberikan kesempatan kerja atau diberikan keterampilan yang bisa menunjang kehidupannya.

Diketahui, pasca kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, Pemerintah Provinsi Banten berencana memulangkan warganya yang berada di sejumlah daerah di Papua.

Rencana pemulangan warga Banten yang terjebak dalam konflik disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim, menurut nya sebagai gubernur ia mempunyai kewajiban membela dan membantu mereka, salah satunya memulangkan mereka kembali ke daerah asal di Banten. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2nRuDOh
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sosiolog Untirta: Langkah WH Tepat, Selanjutnya Pemrov Harus Pikirkan Usahanya"

Posting Komentar