Musim Penghujan, Lebak Daerah Rawan Bencana Banjir dan Longsor

LEBAK – Guna mencegah dan menanggulangi potensi terjadinya bencana di Kabupaten Lebak, Kodim 0603/Lebak menggelar Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapasiagaan Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan di Lapangan Komando Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam III/Siliwangi Ciuyah Lebak, Banten, Selasa (31/12/2019).

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi juga turut hadir menyaksikan jalannya apel dan melakukan peninjauan fasilitas penanggulangan bencana dan simulasi penyelamatan korban bencana.

Dalam amanatnya selaku Pimpinan Apel, Komandan Kodim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan mengatakan pada saat ini cuaca telah memasuki musim penghujan dan intensitasnya akan semakin
meningkat di bulan-bulan ke depan.

Kondisi cuaca seperti ini, ditambah dengan kondisi geografi wilayah Kabupaten Lebak, berpotensi untuk terjadinya bencana alam yang tinggi baik itu longsor, banjir, badai angin, untuk itu Dandim 0603/Lebak perlunya upaya seluruh stakeholder, TNI, Polri, Pemkab Lebak dan dinas terkait untuk dapat meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana tersebut.

“Kegiatan ini sebagai sarana untuk
mengumpulkan kapasitas daerah, baik sarana dan prasarana logistik maupun personel dari berbagai unsur untuk menguji kemampuan dan
keterampilan dalam memobilisasi sumber dana serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana khususnya di wilayah Kabupaten Lebak,” ungkap Dandim melalui siaran tertulis.

Selain itu Dandim 0603/Lebak menyampaikan perlunya pemberian pemahaman kepada masyarakat tentang hal-hal yang dapat menimbulkan bencana dan apa yang harus diperbuat bila terjadi bencana.

“Saya kira kita perlu menyusun suatu protap penanggulangan bencana setidaknya di masing- masing instansi terkait, atau lebih jauh lagi berbentuk protap terpadu,” kat Dandim.

Sementara itu usai meninjau simulasi penyelamatan yang dilakukan aparat gabungan dan pemerintah daerah, Wakil Bupati Lebak menjelaskan bahwa bencana merupakan takdir yang sulit kita prediksi terjadinya dan kapan datangnya, untuk itu Ade mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan tidak lengah.

(Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musim Penghujan, Lebak Daerah Rawan Bencana Banjir dan Longsor"

Posting Komentar