Mantap! Nelayan Kabupaten Serang Berhasil Ekspor Rumput Laut ke Vietnam

KAB. SERANG – Pemkab Serang berhasil membantu nelayan rumput laut mengekspor hasil budidaya mereka ke negara Vietnam hingga sebanyak 55 ton.

Diharapkan lebih banyak nelayan di Kabupaten Serang yang berminat membudidayakan rumput laut. Sebab, pasar rumput laut masih sangat terbuka.

“Alhamdulillah, Ibu seneng banget. Di tengah kesulitan ekonomi seperti saat ini, nelayan rumput laut kita bisa ekspor. Ekspor dilepas langsung Bpk Menteri Kelautan dan Perikanan (Edy Prabowo” ujar Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah melalui instagram resminya, Sabtu (25/4/2020).

Dikatakan Tatu, dalam ekspor perdana rumput laut ke Vietnam itu ada sebanyak 55 ton atu 2 kontainer. “Sementara kebutuhan Vietnam sebanyak 3.000 ton. Indonesia baru bisa mengekspor 300 ton, jadi peluang pasar masih sangat terbuka,” terangnya.

Tatu menjelaskan potensi lahan Kabupaten Serang untuk budidaya rumput laut ada 4.000 hektar, namun baru digarap 2.000 hektar oleh 400 orang pembudidaya, yang tergabung dalam 40 kelompok pembudidaya rumput laut.

Dimana rumput laut yang dibudidaya adalah mayoritas budidaya rumput laut jenis euchema cottoni. Produksi tercatat di DKPP tahun 2019 sebanyak 20.000 ton basah atau 2.000 ton kering

“Pasar Vietnam yang tadi diekspor jenis euchema spinusum. Belum banyak yang membudidayakan jenis ini, karena jenis baru. Benih berasal dari Kepulauan Seribu. Kedepan akan mensosialisasikan untuk membudidayakan jenis tersebut,” katanya.

(Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantap! Nelayan Kabupaten Serang Berhasil Ekspor Rumput Laut ke Vietnam"

Posting Komentar