Pejabat Fungsional di Diskominfosatik Kabupaten Serang Dilatih Pranata Kehumasan

KAB. SERANG – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Haerofiatna resmi membuka dan menjadi narasumber pada Observasi Lapangan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keahlian Angkatan IV Tahun 2023. Kegiatan dilakukan di Aula Tubagus Suwandi Setda, Rabu (21/6/2023).

Haero mengatakan observasi lapangan tentang pranata kehumasan untuk para calon Pejabat Fungsional (Jafung), pada prinsipnya untuk melihat dan meninjau bagaimana Kehumasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Ia memastikan, jika selama ini Kabupaten Serang cukup kondusif, baik dan memang dinamis.

”Akan tetapi untuk memberikan keilmuan kepada mereka juga, ada hal-hal yang harus dipenuhi yaitu salah satunya pelayanan prima,” ujarnya, Rabu (21/6/2023).

Haero menegaskan, ada tiga hal yang disampaikannya pada pemaparan di hadapan puluhan peserta yang hadir. Diantaranya jika pegawai atau orang yang menjadi humas harus mampu melakukan komunikasi yang baik, kemudian memiliki kepribadian yang humble atau rendah hati, serta selalu menyampaikan dengan hukum atau by data.

”Jadi buka by data-data bukan kata-kata, itu pesan saya kepada para peserta,” tambahnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat DPRD Kabupaten Serang ini menyebutkan, saat ini digitalisasi semakin berkembang. Oleh karenanya, pranata humas harus menggunakan digital berdasarkan amanat Perpres 58 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

”Jadi orang-orang humas sekarang wajib menggunakan digitalisasi, jangan sampai lagi secara konvensional menyampaikan hal itu bisa disampaikan melalui media sosial yaitu menggunakan melalui digitalisasi,” jelasnya.

Haero berharap pelatihan tersebut bisa bermanfaat dan dapat diimplementasikan.

”Mudah-mudahan, semoga bisa terpenuhi sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Diklat Kemen Kominfo Baso Soleh mengatakan, pelatihan mandatori pengembangan kompetensi untuk pranata humas tersebut sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Kominfo yang mengatur bahwa untuk menduduki jabatan fungsional itu memiliki syarat untuk menyelesaikan pelatihan pembentukan.

”Di samping ini menjadi pelatihan prasyarat, juga memang diharap teman-teman yang berkecimpung di bidang kehumasan memiliki kompetensi yang cukup memadai dalam hal mengelola informasi, menjadi PPID dan seterusnya,” ucap Baso.

”Jadi materi yang diajarkan bukan hanya dasar-dasar, tetapi lebih kepada yang praktis-praktis terkait dengan pengelolaan informasi dan strategi komunikasinya,” sambung Baso.

Baso juga mengatakan, untuk peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 29 peserta yang berasal dari beberapa kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Kegiatan akan dilakukan selama 27 hari.

Ia berharap para peserta yang mengikuti pelatihan selain mendapatkan pengetahuan soal komunikasi juga mendapat pengelolaan informasi terkait dengan kemajuan teknologi misalnya analisis media sosial.

”Pemerintah harus bisa menempatkan itu untuk memberikan layanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Turut hadir sebagai narasumber lainnya Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik (Kabid KIP) Ahmad Jajuli, Jafung Bidang Aplikasi dan Informatika pada Diskominfosatik Kabupaten Serang Eky, Kabid Damkar pada BPBD Kabupaten Serang Boyatno, dan Staf Khusus Bupati Serang Bidang Media, Amrin Nur. (Nin/Red)

The post Pejabat Fungsional di Diskominfosatik Kabupaten Serang Dilatih Pranata Kehumasan first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pejabat Fungsional di Diskominfosatik Kabupaten Serang Dilatih Pranata Kehumasan"

Posting Komentar