Bendungan Karian Lebak Diklaim Bisa Mengairi 22 Ribu Hektare Sawah

LEBAK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak. Diketahui Bendungan Karian dibangun dengan menghabiskan anggaran senilai Rp2,2 triliun.

“Sebuah bendungan besar, luas genangan 1,773 hektare dan berdaya tampung 315 juta meter kubik air — kini sudah ada di Kabupaten Lebak, Banten. Bendungan Karian yang saya resmikan hari ini akan memberi manfaat bagi masyarakat di wilayah Banten, Jakarta, dan sebagian Jawa Barat,” ujar Presiden mengutip media sosial resminya, Senin (8/1/2024)

Dikatakan Jokowi, Bendungan Karian dibangun sejak tahun 2015 dengan menghabiskan anggaran senilai Rp2,2 triliun.

“Manfaatnya banyak, terutama sebagai sumber irigasi bagi 22.000 hektare sawah dan memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik perdetik bagi masyarakat Banten, Jakarta bagian barat dan Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Selain itu, kata Jokowi, Bendungan Karian juga dapat menjadi pengendali banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung serta sebagai sumber pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan listrik 1,8 megawatt.

“Pada kesempatan yang sama, dari lokasi Bendungan Karian ini, saya sekaligus meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala 500 liter perdetik yang berada di Kota Tangerang,” ucapnya.

(Man/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bendungan Karian Lebak Diklaim Bisa Mengairi 22 Ribu Hektare Sawah"

Posting Komentar