Pemkot Cilegon Masih Minim Lelang Pekerjaan

CILEGON – Lelang paket pekerjaan di Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon pada pertengahan triwulan kedua ini tercatat masih minim. Dari sekitar 7.500 paket pekerjaan pada APBD Reguler tahun ini, baru 20 persen di antaranya yang sudah berjalan dan masuk dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) yang terdiri dari Pekerjaan Langsung (PL), E-purchasing, dan juga beberapa tender.

“Dari 7.500 an kisaran semuanya, di atas 1.000 yang sudah, 20-30 persen kurang lebih. Yang sudah berjalan paling banyak itu Pekerjaan Langsung (PL) semuanya, kemudian ada juga yang dari E-Purchasing dan tender ada 90 an yang di SiRUP,” ungkap Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cilegon, Sam Wangge Senin (13/5/2024).

Sam mengungkapkan, pada triwulan pertama sebelumnya, lelang paket pekerjaan tercatat jauh lebih minim lantaran keterlambatan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Karena kita memang penyerahan DPA itu di Februari akhir. Kita mulai kumpulin semua OPD untuk penyusunan dokumen perencanaannya dan kita langsung minta ditayangin,” terangnya.

Selain itu, penyebab lainnya menurut Sam yaitu banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menyetorkan jumlah yang sebenarnya dari paket pekerjaan yang dimiliki kepada pihaknya.

“Kita sudah woro-woro terus. Saya tidak tahu kendalanya. Kita sudah sampaikan di dalam surat disebutkan agar membawa data paket total di OPD berapa. Kami tidak butuh namanya, yang penting jumlahnya dulu masuk ke kami di bulan Maret lalu,” ucapnya.

Akibatnya, Sam mengaku pihaknya juga kesulitan mengetahui apa saja sebenarnya yang menjadi program prioritas Pemkot Cilegon yang tersebar di setiap OPD.

“Total program yang masuk ke prioritas juga itu kita tidak dapat. Jadi kita manual, mencari program apa yang masuk ke prioritas daerah. Sub kegiatannya apa mungkin kita masih dapat, tapi pas ke pekerjaannya ini yang kita susah kalau OPD gak ngasih info ke kita,” tutupnya.

(STT/Red)

The post Pemkot Cilegon Masih Minim Lelang Pekerjaan appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Cilegon Masih Minim Lelang Pekerjaan"

Posting Komentar