Sekda Pandeglang: Demo PMII Terkait Bantuan Tsunami, Jadi Bahan Evaluasi

RMOLBanten. Apa yang disampaikan mahasiswa terkait tudingan penyalahgunan bantuan Tsunami akan menjadi bahan evaluasi Pemkab Pandeglang. Pemkab saat ini fokus dalam penanggulangan pasca bencana.

Hal itu disampaikan Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, Kamis (27/6).

Diketahui Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pandeglang berunjuk rasa terkait transparansi pengleolaan bantuan Tsunami di Pemkab Pandeglang.

"Kalau mau nuding tidak transparan monggo, kalau tidak jelas monggo, saya bebas. Tetapi sampai saat ini semua konsentrasi dalam penanggulangan bencana, semuanya Dinas, BPBD," ujar Sekda.

Jika mahasiswa menemukan adanya pengelolaan dana yang dianggap kurang transparan apalagi sampai pada penyalahgunaan, mahasiswa diminta untuk segeran melapor ke pihaknya.

"Kita tidak ada toleransi kalau ada penyalahgunaan. Karena ada bantuan sementara dari BNPB, itu sudah dibagikan saat bencana,"ujarnya.

Fery mengatakan, terkait bantuan keuangan dari sejumlah pihak telah dimasukkan ke kas daerah. Ia juga menyebutkan sumber bantuan keuangan yang masuk mulai dari BNPB dan pihak ketiga. Namun terkaitnya total dana sumbangan tersebut, Sekda menyarankan untuk mengkonfirmasi ke (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

Terkait transparansi dan pertanggungjawaban dana tersebut, akan dilaporkan secara kelembagaan ke pihak DPRD sesuai dengan laporan keuangan.

Lagi pula kata Fery, dalam penggunaan dana itu telah diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Penanganan (bantuan keuangan) tsunami kita meminta pendamping ke BPKP bersama Inspektorat," tutupnya. [ars]


from RMOLBanten.com https://ift.tt/2FzzIjC
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekda Pandeglang: Demo PMII Terkait Bantuan Tsunami, Jadi Bahan Evaluasi"

Posting Komentar