Asik, Pencaker Dan Karyawan PHK Di Banten Bakal Dapat Uang 2 Juta

RMOLBANTEN. Setiap pencari kerja (Pencaker) atau karyawan yang sedang dalam pemutusan hubungan kerja (PHK) akan mendapatkan biaya sebesar Rp 2 juta dari Disnaker Banten dalam bentuk kartu pra kerja.

Demikian disampaikan Kepala Disnaker Provinsi Banten Al Hamidi, Kamis (28/11).

Saat ini, Disnaker Banten, kata Al Hamidi, masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

"Mekanisme turun ke daerah ini kan belum diatur sekarang lagi dipersiapkan, artinya untuk kartu pra Kerja ini besarannya di sekitar Rp 2 juta nah kita masih nunggu juklak dan juknisnya," katanya.

Yang berhak mendapatkan kartu pra kerja ini, kata dia, akan diatur mekanismenya seperti yang sedang mencari pekerjaan dan yang di PHK otomatis akan dapat kartu pra kerja.

"Juklak dan juknis itu belum turun, mungkin dalam waktu dekat, ini masih disusun sendiri jadi masing-masing daerah diberi jatah kuota," ujarnya menegaskan.

Kata Alhamidi, pihaknya nanti akan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), LPK termasuk perusahaan yang sudah mempunyai training center.

"Jadi kita tinggal nunggu itu, kita akan melatih seperti apa, yang jelas kartu pra kerja itu kita harapkan nanti agar yang dilatih itu bisa ditempatkan untuk bekerja," tukasnya.

Sebagai informasi, presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2020 nanti akan merealisasikan janji kampanye lewat program kartu pra kerja. Kartu pra kerja sendiri merupakan salah satu program unggulan saat kampanye Jokowi yang diklaim akan diberikan pada 2 juta calon pekerja.

Saat ini, pemerintah sedang finalisasi detail-detail yang akan diatur dalam kartu pra kerja. Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) masih mengatur terkait batas waktu lama pelatihan, konsep, mekanisme, hingga lingkup kejuruan. [dzk]


from RMOLBanten.com https://ift.tt/33tOSjw
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asik, Pencaker Dan Karyawan PHK Di Banten Bakal Dapat Uang 2 Juta"

Posting Komentar