Irna Sebut Sampah di Teluk Labuan Kiriman dari Daerah Lain

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyebut jika sampah yang kembali menggunung di Desa Teluk, Kecamatan Labuan merupakan sampah kiriman dari daerah lain bukan murni sampah rumah tangga milik warga yang dibuang ke laut, Rabu (24/4/2024).

Meski demikian, Irna mengaku tidak akan menyalahkan siapapun dalam masalah ini. Malah dirinya mengaku permasalahan ini harus diatasi oleh semua pihak bukan hanya Pemkab Pandeglang.

“Kita tidak usah menyalahkan siapapun, tapi saat ini kita carikan solusi sehingga sampah ini bisa ditangani,” kata Irna.

Kata dia, langkah yang akan dilakukan oleh Pemkab Pandeglang dalam mengatasi permasalah sampah yakni dengan mempersiapkan armada pengangkut sampah, bank sampah dan pembuatan tanggul sepanjang pantai.

“Kewenangan kami akan menambah armada, bank sampah. Kalau pembuatan tanggul bisa didukung dari Pemprov Banten,” terangnya.

Sementara itu Ketua DPRD Pandeglang, TB Udi Juhdi mengatakan permasalahan sampah di Desa Teluk sangat memalukan sekali. Menurutnya, ini harus ada penanganan dari hulu ke hilir dan peran serta dari berbagai pihak.

“Masalah sampah ini bukan saja perilaku warga Teluk, bahkan warga lewatpun bisa buang sampah ke sungai, saya butuh dukungan semua pihak kita lalukan penanganan dulu saja untuk Desa Teluk di antaranya menyiapkan bak sampah tiap RW nanti diangkut ke bak sampah yang disiapkan DLH,” ungkapnya.

Udi juga berharap kepada pihak Provinsi Banten menjadikan penanganan sampah ini skala prioritas agar permasalahan ini bisa terselesaikan dan jangan sampai dibiarkan berlarut-larut.

“Kami mohon penanganan sampah Desa Teluk ini jadi prioritas setidaknya dibuatkan tanggul di sepadan pantai Desa Teluk, kami juga di DPRD Pandeglang akan berkomunikasi dengan DPRD Provinsi Banten,”pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Ruli Riatno Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten menambahkan, pihaknya akan mendukung dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Pandeglang. Sebab menurutnya komitmen yang jelas dari Pemkab Pandeglang sejalan dengan Provinsi Banten.

“Modal utamanya adalah komitmen, ibu bupati sangat berkomitmen sejalan dengan pak Pj Gubernur, Sapras untuk pengerukan kami akan mensuport namun untuk pembuatan tanggul atau pemecah ombak ada di PUPR,” tambahnya.

(Med/Red)

The post Irna Sebut Sampah di Teluk Labuan Kiriman dari Daerah Lain appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Irna Sebut Sampah di Teluk Labuan Kiriman dari Daerah Lain"

Posting Komentar